Friday, January 9, 2015

Teknologi Informasi Brooh :D

Teknologi Informasi, ya kurang lebih begitulah namanya. Mungkin dari namanya saja sudah terbayang apa saja yang bisa kita pelajari dari mata kuliah yang satu ini. Dari kata Teknologi,  yang saya bayangkan adalah segala sesuatu yang dipelajari berhubungan dengan kemajuan ilmu pengetahuan saat ini. Nah dari kata informasi, bisa dibilang apa yang dipelajari berhubungan dengan cara penyampaian informasi pada zaman sekarang. Sebelum mulai perkuliahan,  saya membayangkan kalau mata kuliah ini pasti selalu berkaitan dengan bidang perkomputeran & jaringan internet. Tapi ternyata apa yang kita pelajari lebih dari itu, bahkan ada sejarah juga lho di mata kuliah TI ( contohnya : sejarah komputer & sejarah perkembangan jaringan internet ).

 Hampir satu semester sudah saya jalani mata kuliah TI, dan hasilnya tidak terlalu buruk laah. Banyak ilmu yang sudah saya peroleh mulai dari sejarah perkembangan computer & internet, jaringan, media social, design serta pemanfaatan media sebagai sarana komumikasi & promosi. Ya kalau dijelaskan satu persatu pasti bakalan panjang dan cape bacanya (sebenarnya bukan cape baca, tapi cape ngetiknya. Hehe ).

Selama mengikuti mata kuliah TI yang paling menarik menurut saya adalah pada saat ada tugas membuat BLOG dan SPANDUK. Ok, kita bahas yang pertama dulu yaitu BLOG. Dulu sebelum mengikuti matkul TI saya pernah membuat blog, tapi dulunya itu udah lama banget, ya kira-kira pas zaman SMP tahun 2007 an (dulu masih zaman Friendster & MSN ). Berkat pengalaman dulu, jadi tugas membuat blog ini tidak terlalu sulit untuk dikerjakan. Yang menjadi tantangan justru membuat tampilan blog kita agar nyaman dipandang oleh orang lain (reader), ya tapi disitulah serunya.

Yang kedua tugas membuat SPANDUK. Kenapa bisa menarik buat saya ?? Ya karena dalam membuat spaduk kita harus benar-benar memikirkan konsep & desain spanduk yang kita buat agar terlihat menarik.  Jujur saja saya bukan orang yang terlalu pandai mendesain sesuatu seperti “Leonardo da Vinci” , “Valentino Garvani” ataupun Valentino Rossi ( Eh maaf yang terakhir bukan desainer ). Apalagi desain spanduknya menggunakan Software. Untuk konsepnya saja saya bingung harus mengambil konsep apa. Tapi berbekal sedikit pengetahuan tentang CorelDraw & Photoshop (ada yang menyebut sotosop) serta berjuang sekian lama ( begadang dari jam 1 s.d jam 3 ) akhirnya spanduk berhasil dibuat (desainnya). Hehe

Bisa disimpulkan kalau mata kuliah TI merupakan salah satu mata kuliah yang saya senangi karena banyak hal yang bisa dipelajari. Dari mata kuliah ini saya pun sadar kalau tidak selamanya perkembangan teknologi informasi itu memberikan dampak positif terhadap kehidupan kita. Ada kalanya perkembangan teknologi memberikan dampak negative terhadap kehidupan kita. Contohnya kecanduan teknologi membuat kita lupa waktu sehingga lalai beribadah, bagi orang yang sudah kecanduan teknologi ( media social ) biasanya menjadi antisosial, serta pemanfaatan teknologi oleh paa pelaku kriminal. Yaa, semua kembali ke pribadi masing-masing, jangan sampai salah dalam memanfaatkan teknologi informasi saat ini & Jangan pula terlalu menutup diri terhadap kemajuan teknologi  yang berkembang saat ini. :D

Sekian yang saya sampaikan, Wassalam.


Erik Erdiana

No comments:

Post a Comment